Manfaat Seblak Untuk Kesehatan



 1. Mencegah Kanker

 Cabe merupakan salah satu bumbu utama pembuatan seblak pada umumnya. Banyak zat yang bermafaat bagi tubuh yang terdapat di dalam cabe, salah satunya kapsiasin yang bisa mencegah kanker karena zat ini bisa membunuh sel-sel kanker yang membahayakan tubuh.  Tetapi konsumsi cabe yang berlebihan juga bisa membahaykan tubuh, selain dapat merusak lambung, konsumsi makanan pedas secara berlebihan bisa menyebabkan diare yang membuat anda kehilangan cairan tubuh.

2. Menyehatkan Jantung

Kandungan pada cabe sudah terbukti secara ilmiah bisa menyehatkan jantung anda. Hal ini dikarenakan cabe mengandung senyawa yang membuat jantung anda lebih aktif dan pastinya lebih sehat.

3. Sumber Protein

Protein yang terdapat pada daging sebagai resep dan cara membuat seblak sangat bermanfaat untuk tubuh karena memiliki kandungan protein yang tinggi. Protein sangat penting untuk pertumbuhan anak, asupan protein yang cukup bisa membuat pertumbuhan anak akan lebih cepat dan tubuhnya akan semakin kuat.

4. Sumber Vitamin C 

 Kandungan vitamin C yang tinggi pada seblak sangat penting untuk kesehatan dan bisa mencegah penyakit. Vitamin C berfungsi sebagai antioksidan yang bertujuan menahan oksidasi sel-sel tubuh yang disebabkan oleh radikal bebas. Hal ini membuat tubuh kita lebih siap saat menghadapi perubahan cuaca yang biasanya membuat tubuh kita rentan terhadap penyakit. Selain itu vitamin C yang terdapat pada cabe juga bisa menyehatkan kulit. Vitamin C bisa membuat kulit semakin kencang dan mencegah penuaan dini pada wajah anda. 

5. Menurunkan Berat Badan

Seperti kita ketahui, kita akan berkeringat saat memakan seblak. Hal ini dikarenakan metabolisme kita akan meningkat karena seblak yang kita makan. Hal ini membuat tubuh kita membakar makanan di dalam tubuh dan bisa menurunkan berat badan yang berlebih. Jadi tidak salah jika banyak kaum hawa yang menyukai seblak, karena seblak bisa membuat tubuh langsing karena sangat efektif dalam menurunkan berat badan.

6. Menghilangkan Stress

 Banyak yang tidak tahu kalau memakan makanan yang pedas bisa menghilangkan stress. Efek kejut pada lidah saat memakan makanan yang pedas membuat tubuh kita menghasilkan hormon yang  bisa menghilangkan stress.  Jadi makan seblak sangat cocok saat anda yang sering mengalami stress dikarenakan rutinias sehari-hari.